Self Development

“Early is On Time” Mentality

Kalau ada yang berubah di diri saya di tahun 2024, salah satunya adalah memantapkan diri untuk terus melakukan ini. Kurang lebih sejak 2023, saya dikenalkan dengan “Early is On Time” mentality. Bermula dari gabung ke komunitas bisnis, yang somehow kerasanya “kok pada ambis2 semuanya”. Jadi setiap minggu itu ada jadwal training yang wajib diikuti. Training biasanya mulai jam 9 pagi. Tapi ternyata adaaaaa aja yang udah dateng dari jam 7 pagi. Bisa dipastikan jam stengah 9 pagi, kelas sudah full house. Gak bisa masuk lagi. Dan ini berlangsung di setiap minggunya secara konsisten.

Early is On Time
On Time is Late
Late is Unacceptable

Ternyata ada slogan seperti ini di komunitas saya yang sepertinya sudah mendarah daging dan dipraktekkan oleh hampir semua orang yang serius menjalankan bisnisnya. Terlambat aja tidak bisa diterima, apalagi gak hadir kan. Selalu usahakan untuk datang lebih awal.

Karena terus terusan terpapar oleh kondisi seperti ini, mau gak mau akhirnya saya dipaksa untuk mengikuti. Seperti layaknya kalau kita travelling ke luar negeri, maka otomatis diri sendiri akan mengikuti aturan yang berlaku. Banyak adjustment di awal, tapi alhamdulillah karena keseret2 komunitas yang positif, ternyata mentality ini sangattt berpengaruh ke kehidupan sehari-hari.

Si saya yang tim deadliner, akhirnya setelah menerapkan mentality ini, perlahan-lahan jadi gak deadliner. 1 bulan sebelum closing date tahunan, alhamdulillah achieve semua target dan rasanya hidup jadi lebih enteng karena tahu dan yakin kalau saya sudah melakukan yang terbaik yang saya mampu. Berawal dari 1 kebiasaan baru, ternyata efeknya dahsyat karena ada bagian dalam diri yang selalu mau strive for the best dan selalu jadi yang pertama. Seperti quote tadi, “Early is On Time”, menjadi orang yang hadir yang pertama kali di acara-acara tersebut, rasanya sudah seperti juara.

Ada 1 teman yang sekarang berdomisili di LN dan dia nge-share quote ini juga di sosial medianya. Dia pun sedang menerapkan mentality ini. Katanya, dia juga terus terapin goal untuk jadi manusia unggul baik di kantor, keluarga, bahkan community. Dia juga percaya kalau kita udah kasih yang terbaik, hasil gak akan pernah menghianati usaha. Mari kita doakan bersama-sama yaa..

Mungkin ada hubungannya dengan kematangan usia ya. Kayak yang makin kesini, makin ngerasa “penuh” kalau sudah melakukan semua dengan sebaik-baiknya. Rasanya diri ini pun gak mau ada penyesalan dalam bentuk apapun.

Dan saya percaya dengan adanya satu mentality ini dan diterapkan sepanjang tahun, it will definitely be the difference that make the difference. Semoga kita semua selalu bisa bertumbuh dan berkembang yaaa, walaupun prosesnya pasti gak enak, tapi yakin bahwa matahari pasti bisa bersinar pada akhirnya.

Semangat untuk selalu besarin kapasitas!

Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya.
Stay bold, happy, and mindful 🙂
Cheers!

xoxo,
@amyhadiastuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *