Playroom Set Up: Week 1

MOTHERHOOD

Play is often talked about as if it were a relief from serious learning. But for children, play is serious learning. Play is really the work of childhood.

Fred Rodgers

Katanya, pekerjaan seorang anak itu adalah bermain. Dengan bermain, dia bisa mengembangkan imajinasi, keativitas, sensorik & motoriknya, bahasa dan lain sebagainya.

Berbekal dari ini, saya iseng-iseng mulai set up playroom-nya Arka. Bukan room sih sebenarnya, ini perpanjangan dari garasi yang akhirnya diubah jadi area mainnya. Untuk mainannya, saya sedikit declutter barang-barang yang sekiranya Arka sudah gak main lagi. Uniknya, yang dia sudah gak sering main itu adalah yang pakai baterai. Saya juga batasi jumlahnya per jenis mainannya. Tujuannya sih supaya dia gak bosan. Ini akan saya rotasi per minggunya.

Ini kira-kira penampakan area mainnya.

Untuk tipe permainannya, kira-kira seperti ini:

Ada lego, binatang, dan mobil-mobilan. Ini favoritnya Arka sepanjang yang saya tahu. Setiap main ini selalu lama, dan bicara sendiri.

Untuk jumlahnya memang saya batasi supaya gak terlalu penuh dan beresinnya gak PR. Yang penting ada dulu, dan saya akan lihat perkembangannya dari minggu ke minggu nanti.

Sisanya, merupakan mainannya yang agak random. Musik, palu & paku, buah potong, doodle untuk corat-coretnya, puzzle bentuk, dan bagian atasnya saya letakkan buku-buku yang sering dia baca.

Di sampingnya saya letakkan busy board-nya dia. Saat ini yang sering dia lakukan di busy boardnya adalah tali-talian. Sisanya udah lulus semuanya.

Setelah dicoba, alhamdulillah anaknya anteng banget main di area ini. Bosen sedikit, dia melipir sebentar ke dapur, gubrak-gubrak di dapur, trus balik lagi ke mainannya.

Jadi gak lebih capek sih beberesnya. Dan saya lihat juga Arka lebih happy main di area yang bersih dan gak penuh sama mainan dia yang dulu-dulu. Semoga pas di rotasi nanti dia happy juga.

Stay tune for playroom next week yaa. Thank you for reading.

Xoxo,

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *