Memasuki Fase “Terrible Two”

Diary #Arsyanendra Personal Thoughts

Apa itu Terrible Two?

Terrible Two adalah ungkapan yang diberikan ketika anak sudah mulai atau memasuki usia 2 tahun. Katanya, anak usia 2 tahun ini akan merasa ingin bebas melakukan apapun yang dia mau. Imbasnya, kadang mereka akan jadi lebih mudah emosi atau tantrum jika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

Penyebab terrible two ini sebenarnya sederhana, karena anak sudah mulai pintar di usia ini dan mulai percaya diri untuk melakukan segala sesuatunya sendiri, tapi mereka belum bisa membedakan mana yang bahaya dan mana yang tidak bahaya. Jadi seperti yang ‘suka-suka gue’ gitu. Mereka juga belum bisa mengkomunikasikan semuanya dengan baik, jadi sering merasa frustasi sehingga berakibat tantrum.

Lalu, apakah fase Terrible Two ini mulai ‘kelihatan’ di #Arsyanendra?

Jawabannya SUDAH!

Memasuki usia 20 bulan ini #Arsyanendra sudah jadi sering marah-marah, suka pukul, suka cakar & cubit, sering teriak kalau dia kesal, sering banget bilang ‘gak mau’, dan sangat-sangat mempertahankan apa yang dia pegang (baca: gak mau gantian kalau lagi main, dan jadi suka jail & ‘cari ribut’).

Saya melihat di usia sekarang ini sepertinya sedang pesat-pesatnya otak dan daya nalarnya berkembang. Dia mulai memperhatikan omongan kita dengan seksama, mulai bisa ‘jawab’ saya, dan sudah bisa meminta. Kadang saya pun melakukan negosiasi dengan #Arsyanendra. Saya gak tau dia paham atau nggak, tapi saya akan terus ngoceh negosiasi dan mendeskripsikan semuanya sampai dia bilang ‘oke mama’.

Sudah bisa pilih baju sendiri, trus balikin mobil-mobilannya. Ambil garpu plastik ke dapur, dan voila! “MAMA, ARKA BENGKEL”

Saya pun menemukan, di usia ini ingatannya semakin tajam. Dia ingat telah melakukan apa, dengan siapa, dimana, dll. #Arsyanendra ini sudah ingat kira-kira jalan menuju rumahnya pulang ketika sudah memasuki komplek perumahan. Ntah itu belok kiri, kanan, lurus, dll, dia sudah tahu. Dia juga sudah bisa bercerita misalnya kemarin saya ajak dia naik kuda pony di Branchsto, esoknya dia cerita ke nenek kakeknya kalau dia naik da’ny (kuda pony) sama mama-baba trus naik chuchutrain, naik andong, dan lain sebagainya. Saya beberapa kali juga mengetes dia dengan membuat janji. Misalnya: Arka temani mama baba makan siang di x, setelah itu mama baba temani arka naik kuda. Dan betul aja setelah kami makan bersama, dia langsung ajak pulang dan minta kita untuk anter dia naik kuda. 20 Bulan memang sepesat ini apa gimana sih ya?

Penasaran dengan urusan memori ini, iseng saya pun mencoba mencari tahu kapan kah ingatan pertama anak itu bisa muncul.

Kids can remember events before the age of 3 when they’re small, but by the time they’re a bit older, those early autobiographical memories are lost. New research has put the starting point for amnesia at age 7.

https://www.popsci.com/blog-network/kinderlab/birth-memory-why-kids-forget-what-happened-age-7#page-2

Jadi menurut hasil penelitian, ingatan yang melekat adalah ingatan di usia 7 tahun. Trus ingatan pas bayik itu ingatan apa yaa?

Mungkinkah ingatan di usia 2 tahun ini tidak akan mereka ingat ketika mereka dewasa tapi ingatan ini yang akan berkontribusi dalam membuat mereka menjadi anak yang seperti apa dan mempunyai emosi yang bagaimana?

Jadi ketika sudah 7 tahun, mereka sudah firm secara emosi bawaannya. Hmmm.

Tapi beberapa yang saya pelajari di usia ini adalah:

  • Orangtua harus kreatif, harus bisa ‘bicara’ kepada anak, dan skill negosiasi yang harus terus ditingkatkan
  • Dilarang berbohong walaupun itu white lies menurut kita
  • Sering-sering Play-date!
  • Sering ajak anak berkegiatan di luar rumah, supaya vocab anak semakin bagus karena banyak yang dia lihat, rasa, dan sentuh
  • Kurangi TV dan gadget lainnya, kalau bisa OFF kan sekalian. Ajak anak lebih eksplorasi dalam diri dan luar dirinya
  • Ajak anak kenal emosi. Kata-kata seperti marah, sedih, nangis, bahagia, kesal, dan lain sebagainya diperkenalkan

Saya pun masih belajar menghadapi emosi-emosinya nak bayik ini. Semoga bu ibu semuanya diberikan kesabaran yang melimpah juga yaaa.

Chu Chu Train wajib setiap ke Mall

Semangat!

Xoxo,

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *