Dream and Rise, Super High!

CONSULTANT'S LIFE Personal Thoughts

20160923_144948-01

Setiap saya melihat gedung-gedung tinggi, yang terbayang adalah proses dan kerja keras banyak pihak. Saya belajar banyak dari profesi saya sebagai seorang Electrical Engineer untuk high-rise building di Indonesia dan sekarang merambah ke proyek-proyek mancanegara. Bahwa tahap tersulit bukanlah mendesain/perencanaan, melainkan komunikasi, manajemen, dan tentunya proses konstruksi untuk menghasilkan apa yang telah kita desain menjadi kenyataan. Dalam mendesain seakan mudah, tapi ketika direalisasikan terasa sulit sekali. Akan ada masalah yang muncul.

Kalau sok2an mau analogi sama dengan kehidupan kali yaa, apapun itu kalau sifatnya untuk “membangun”, bagian tersulit bukanlah perencanaan, bukan mimpi, bukan angan-angan. Tapi proses untuk merealisasikannya, dari nol. Harus ada kerja sama, saling mendengarkan, tidak saling menjatuhkan, tidak dibiasakan untuk blame game, saling mengkritik demi tercapainya satu tujuan yaitu terbangunnya apa yang kita impikan. We’re one team in one boat. Kalau ada potensi untuk ‘tenggelam’, selayaknya semua orang dalam perahu itu harus saling menyelamatkan.

Ada kata bangun dalam membangun. Pastinya gak mudah. Tapi bukan berarti gak bisa. Kalau semua pihaknya mau kerja keras untuk menjadikannya nyata.

Semakin kompleks bangunannya, semakin sulit proses merealisasikannya karena pastinya akan semakin banyak orang yang terlibat di dalamnya. Semakin banyak kepala, semakin sulit untuk koordinasi. Apalagi kalau orang-orang tersebut tidak memiliki pemahaman dan kompetensi yang setara.

Harus terus meningkatkan skill dan kemampuan supaya tetap dilibatkan. Seperti kata teman baik saya suatu hari,

“Harus selalu berusaha untuk menciptakan landasan terbangnya dulu, sebesar-besarnya. Agar membuka opsi untuk seluruh pesawat yang besar bisa mendarat di atasnya.”

Semangat yuk!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *