Apa yang Ada di Dalam Kantong P3K Arka

MOTHERHOOD

Semenjak Arka lahir, sebagai ibu baru yang masih awam banget sama urusan kesehatan anak, saya lumayan dibuat bingung dengan alergi pertamanya dia. Jadi pada suatu malam, kira-kira seminggu setelah dia lahir, dia kesulitan bernapas. Saat itu jam 2 pagi dan seisi rumah sedang tidur. Ditambah lagi dia nangis terus. Akhirnya pertolongan pertama yang saya lakukan saat itu adalah bawa dia keluar kamar. Yang ada dipikiran saya saat itu adalah “oh, mungkin ACnya terlalu dingin” dan “mungkin debu kali yaa”. Semua asumsi itu refer ke pengalaman saya pribadi yang mana hidung saya akan mampet kalau AC terlalu dingin dan banyak debu di sekitar rumah.

Dan alhamdulillah insting sebagai ibu baru berfungsi dengan baik. Ketika Arka saya bawa keluar kamar, nangisnya berhenti dan dia langsung tidur pulas. Saya coba bawa lagi ke kamar, dia sulit napas lagi. Napasnya bunyi. Akhirnya selama 3 malam berturut-turut saya dan Arka tidur di sofa depan kamar. Iya di luar kamar, gelar kasur lipat untuk berdua.

Ketika sedang memandikan Arka, saya melihat ternyata di hidungnya dipenuhi kotoran yang sepertinya dia pun susah untuk mengeluarkannya. Akhirnya setelah tanya sana-sini, saya diberi obat tetes hidung bernama Breathy dan pakai sedot hidung Pigeon untuk mengeluarkan kotoran-kotorannya.

Setelah kejadian itu, saya selalu sedia Breathy dan sedot hidung sampai kira-kira usia Arka 1 tahun. Semuanya itu saya masukkan ke Pouch kecil bersama dengan termometer. Itu P3K pertamanya Arka.

Saat ini, menginjak umur 2 tahuan yang tinggal dua minggu lagi, pouch P3K Arka sudah bertambah sesuai dengan usianya. Dan ini adalah isi P3Knya yang selalu saya bawa kemana pun.

Isi dari pouch P3K Arka

Termometer

Ini barang super wajib yang selalu saya bawa kemana pun kalau lagi pergi dengan Arka untuk cek suhu kapan pun dan dimana pun. Untuk merknya ku revisi yaa, ini merknya VINMED dengan nomor seri DT-8806C Body Infrared Thermometer dan penggunaannya langsung tembak ke dahi, jadi anak akan super nyaman. Arka gak pernah suka di ukur suhu via ketiak maupun telinga. Jadi ini sudah paling nyamannya buat dia.

Gunting kuku

Dari sejak lahir, saya selalu gunting kuku dia pakai gunting ini. Dan selalu guntingnya pas malam-malam sewaktu dia tidur. Lebih enak pakai ini sih menurut saya daripada clippernya. Biasanya saya pakai gunting ini untuk gunting kuku tangannya. Ujungnya bulat, jadi gak takut anak ketusuk.

Clipper kuku

Kalau Clipper ini saya gunakan untuk gunting kuku kaki-nya yang saat ini sudah mulai mengeras. Jadi pakai gunting kuku yang sebelumnya saja gak akan bisa.

Transpulmin BB

Ini sih pertolongan pertama Arka banget kalau dia mulai pilek dan susah napas. Oles Transpulmin BB di dada, punggung, leher, dan di bawah kuping, biasanya dia langsung nyaman dan bisa nyenyak tidurnya.

Minyak Kutus-Kutus

Kalau ini masuk ke rutinitas sebelum tidur. Pasti oles-oles dan pijit-pijit punggung pakai minyak ini. Anaknya sih sejauh ini suka-suka aja. Malah kadang-kadang minta sendiri untuk di pijit pakai minyak ini.

Zambuk

Kalau ini, resep neneknya dulu. Jatuh benjol, memar membiru, langsung oles ini. Dulu adik saya jatuh dari tempat tidur kepala duluan, benjol besar banget trus dioles ini kira-kira 2 hari langsung kempes. Di Arka juga ngaruh banget sih untuk setiap benjol dan memar. Namanya juga toddler yaa, lagi aktif-aktifnya dan benjol-benjol ini gak bisa terhindarkan. Yang saya punya Zambuk oleh-oleh dari teman ketika dia ke Thailand, jadi hurufnya huruf Thailand. Tapi kalau teman-teman cari di Indo aja juga kok, dengan nama Zambuk.

Ikyusan Hand Sanitizer

Untuk cuci-cuci tangan Arka. Praktis tinggal semprot-semprot aja. Dan aman kalau cairannya tertelan.

Botanina All Purpose Healing Salve

Kalau ini biasanya saya oles-oles kalau Arka udah digigit nyamuk. Untuk bekas-bekas bentol digigit nyamuknya.

Bambi Anti Mosquito Lotion

Ini pencegahan kalau mau banyak main di luar. Ikhtiar aja sih supaya anak gak digigit nyamuk. Tapi kadang masih ada juga satu-dua yang gigit. tapi yaa namanya usaha yaa. Ada yang lebih ampuh gak yaa dari ini? Yang aman untuk toddler?

YLEO Lavender

Ini Essential Oil multi purpose banget sih gak ngerti lagi. Kalau saya lagi bingung mau kasih apa, biasanya saya kasih ini. Di dilute dulu tapinya, atau di layer. Wanginya juga calming banget.

YLEO RC

Kalau ini saya gunakan ketika Arka pernapasannya mulai terganggu. Biasanya dicampur batuk + pilek. Langsung oles-oles dan di diffuse di ruangan. Jadi lebih nyaman untuk dia.

YLEO Copaiba

Kalau ini, saya gunakan sebagai pengganti betadine. Arka gak tau kenapa gak pernah suka diobati dengan betadine. Mungkin karena warnanya merah yaa. Jadi abis di obati langsug di lap lagi sama dia, atau di gesek-gesek. Ya pasti ilang lagi dong itu obatnya ya kann. Akhirnya saya totol sedikit pakai copaiba. Dia kayak gak rasa gitu sih setiap saya totol. Jadi saya sambil ngobrol, sok-sok nanya-nanya trus colek dikit pakai tangan saya. Love banget deh, meminimalisir drama di rumah. Hahaha.

YLEO Lemon

Kalau ini saya oleh di telapak kaki anytime kalau saya rasa dia butuh imun yang lebih.

Kalau Moms lihat dari P3Knya Arka, kayaknya gak ada obat yaa di situ. Saya bukan tipe ibu-ibu yang anti juga sih sama obat. Terkadang Arka saya kasih obat juga, apalagi kalau ikhtiar saya dengan P3K ini gak berbuah. Seperti waktu itu, Arka kena Roseola, panas tinggi sampai 39 derajat. Ketika menyentuh 38 derajat saya sudah kasih Tempra/Sanmol per 4 jam sekali di kombinasikan dengan segala P3K yang tadi. Tapi gak berefek juga, akhirnya subuh-subuh panasnya sampai 39 derajat dan langsung saya bawa ke IGD. Jujur takut step banget karena saya ada riwayat itu ketika kecil.

Yah intinya adalah tetap percaya insting ibu yaa. Biasanya insting ibu itu benar. Semoga anak-anak kita selalu sehat yaa. Pouch P3K Arka ini pasti akan terus update. Seiring dengan semakin besarnya dia, akan semakin terbuka juga dengan kesempatan-kesempatan yang akan terjadi, yang bisa jadi bikin ibunya deg-degan. Tapi untuk 23 bulan, ini cukup untuk saat ini.

Sekian sharing tentang P3K Arka. Terima kasih telah membaca yaa. Dan semoga bermanfaat. Moms punya P3K juga kah untuk si kecil? Boleh sharing juga di komentar di bawah yaa, siapa tahu ada yang ku perlukan nantinya dan bermanfaat juga untuk yang membaca.

Many thanks!

Xoxo,

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *